Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
6 Tips untuk Membuat Mandi Menyenangkan Bagi Bayi
02-15-2014, 03:10 PM
Post: #1
Thumbs Up 6 Tips untuk Membuat Mandi Menyenangkan Bagi Bayi
[Image: bannerragi.jpg]

Si kecil rewel dan panik setiap kali mandi? Begitulah masalah yang kerap dialami oleh kebanyakan orangtua. Bahkan ada bayi yang terus menerus menangis sepanjang ‘proses pemandian’, dan baru bisa berhenti tangisannya setelah proses tersebut selesai.

Permasalahan ini bukan hanya berakibat negatif terhadap perkembangan emosional si kecil, tapi juga sangat melelahkan bagi Anda, bukan? Nah, coba simak beberapa tips berikut ini untuk membantu membuat kegiatan mandi ini menyenangkan untuk bayi Anda yang sudah berusia 7 bulan atau lebih:

1. Pemanasan

Pemanasan di sini maksudnya bukan berarti bayi Anda harus senam dulu sebelum mandi ya, tapi caranya adalah dengan membiarkan ia bermain air terlebih dulu. Coba ambil ember dan isi dengan air. Dudukkan ia di dekatnya (normalnya, bayi berusia 7 bulan sudah bisa duduk dengan stabil), dan biarkan ia ber’kecipak-kecipuk’ dengan air.

Dengan begini, Anda memberikan kesempatan lebih bagi si kecil untuk bereksperimen dengan air dan merasa nyaman dengannya. Ketika waktu untuk mandi tiba, maka dia tidak akan terkejut, dan air tidak lagi menakutkan baginya.

2. Suhu Air

Pastikan suhu air yang Anda gunakan sesuai dengan keinginannya – jangan terlalu panas, ataupun terlalu dingin. Oleh sebab itu, jangan terburu-buru memasukkan bayi Anda ke dalam ember/bak mandinya, tapi periksa dulu suhu airnya. Namun demikian, untuk bayi yang sudah berusia 7 bulan, sebenarnya Anda sudah bisa memandikannya dengan menggunakan air dingin, terutama jika ketahanan fisiknya baik.

3. Jadwal Mandi

Kegiatan mandi dua kali sehari sebaiknya Anda buat sebagai rutinitas dengan jadwal yang tetap setiap harinya. Biasanya untuk usia 7 -12 bulan, jadwal mandi yang bisa Anda gunakan adalah pukul 06.00 – 07.00 di waktu pagi dan 16.00 – 17.00 di waktu sore. Dengan jadwal yang teratur setiap harinya, maka si kecil akan tahu kapan waktu mandi datang dan akan terbiasa.

4. Mandikan Bayi Ketika Ia Ceria

Memandikan si kecil ketika perasaannya sedang tidak baik bisa membuatnya semakin uring-uringan. Jika moodnya sedang buruk, maka cobalah alihkan dulu dengan kegiatan yang menyenangkannya, baru kemudian Anda mulai memandikannya. Tips #1 bisa Anda praktekkan, karena kebanyakan bayi senang bermain dengan air.

5. Libatkan Anggota Keluarga yang Lain

Jika sang ayah sedang tidak sibuk, sangatlah baik jika ia ikut membantu memandikan. Paling tidak, ia bisa membantu mengajak si kecil bermain ketika mandi, sambil mengalihkan perhatiannya. Abang dan kakak juga bisa diajak untuk ikut serta agar si kecil tambah ceria.

Bahkan, jika memang tempatnya memungkinkan, si abang atau si kakak bisa ikut mandi bersama, sehingga bayi Anda akan melihat betapa aman dan menyenangkannya berhubungan dengan air dan sabun.

6. Mainan yang Sesuai

Sediakan mainan yang aman dan sesuai untuk usianya. Pastikan mainan tersebut tidak berbahaya jika terendam dalam air. Selain bisa menyibukkan si kecil, mainan bisa membuatnya memahami bahwa air tidaklah ‘berbahaya dan menakutkan’ seperti anggapannya.

[Image: memandikan.jpg]

Sewa Peralatan Bayi Yogyakarta | Ragil Rent
Perum Citra Ringin Mas Blok B, No.10 Purwomartani - Yogyakarta
Call/SMS: 0818269978 | Pin BBM: 266D8CC9
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)

Contact Us | Forum Ragil Rent | Return to Top | Return to Content | Lite (Archive) Mode | RSS Syndication